MAIN MIND SET


Oleh : Aran Hakim, CHt 
Para pembaca yang bahagia
Banyak orang yang mengatakan mind set…baik di seminar, pelatihan motivasi, diskusi, dan sebagainya …tapi banyak juga yang jawabannya kurang tepat atau sangat sederhana, sehingga kalau aja mindset didefinisikan salah maka salah juga orang tersebut menjalani  kehidupannya J. Karena mindset ini menentukan nasib seseorang. Hati-hati loh, Bahaya… Main Mind Yang di Sudah Set oleh Allah SWT menjadi makhluk sempurna…jadi kalo salah Main Mindset nya …maka kesempurnaan manusia menjadi berkurang bahkan hilang misal : kita berobat kepada seseorang yang  “katanya” orang pintar (berarti yang berobat ? J …) dengan melakukan terapi air yang dicelupin batu “sakti” atau disuruh berzikir kepada Allah dengan maharnya berupa hewan (ayam, kambing atau hewan lainnya) agar penyakitnya ditrasfer kepada hewan tersebut …audzubillah min dzalik.


Sebelum membahas Mindset, kita harus tau definisi dulu… menurut salah satu seorang Pakar Teknologi Pikiran “Adi W. Gunawan” yang dikutip dari kamus elektronik Encharta, menyebutkan MINDSET itu terdiri atas dua kata : MIND dan SET, arti dari masing-masing kata tersebut sebagai berikut :

MIND adalah Sumber pikiran dan memori ; pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide, dan persepsi, dan menyimpan pengetahuan dan memori. SET adalah Mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan; keadaan Utuh.

Jadi MINDSET adalah kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang ; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berfikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang ; sikap mental tertentu atau watak yang menentukan respons dan pemaknaan seseorang terhadap situasi. Kesimpulannya bahwa MINDSET adalah kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan atau cara berfikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya menentukan level keberhasilan hidunya.
Berdasarkan kesimpulan tersebut, kalau Anda ingin mengubah mindset maka yang harus diubah kepercayaan (belief) atau sekumpulan kepercayaan. Ada pepatah mengatakan “ ubah mindset Anda, maka takdir berubah ”. Oleh karena itu, mindset itu penting karena yang menentukan hidup kita ke depan khususnya dalam mengambil keputusan. Mindset terbentuk karena pendidikan, figur otoritas, lingkungan (keluarga/masyarakat), pengalaman, dan prasangka.

Banyak orang  yang ingin berubah hidupnya telah melakukan berbagai teknik yang diajarkan baik di seminar, pelatihan, buku-buku motivasi dan teknik lainnya…tetapi tidak bisa berubah? Walaupun bisa berubah tapi biasanya sesaat. Hanya segelintir orang yang dapat melakukan perubahan tersebut. Bukan tekniknya yang tidak dapat dipercaya atau kurang ampuh tapi karena keinginan perubahan mendapatkan “perlawanan” dari bawah sadar. Sehingga menimbulkan konflik diri atau mental block. Besarnya “perlawanan” saat proses perubahan akan dilaksanakan atau sedang berlangsung dapat diukur dengan “magnetmeter“ perasaan. Biasanya menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Tapi kalau di “manage” pikiran bawah sadarnya maka proses perubahan akan tercapai dengan baik yang apa yang diinginkan.

Contoh kasus :
Saya punya klien (sebutan untuk pasien saya J ) seorang PNS sebut aja inisialnya “Z”. Z telah mengetahui langkah-langkah agar seseorang sukses dalam menjalankan usahanya yang diperolehnya dari seminar atau buku-buku motivasi/bisnis tapi Z berat melakukannya seolah-olah ada yang mengucilkannya/meremehkannya atas usaha bisnisnya. Padahal kalau untuk modal tidak ada masalah bagi dia (karena bisa pinjam BRI J-katanya). Setelah diterapi dengan teknik recall memory, ternyata orangtuanya pernah mengatakan bahwa : “mending enak di kantor, tidak usah macam-macam, cukup jadi PNS aja, buat apa buka usaha lagi ntar kalau berhasil dan kalau kamu kaya maka pertanggungjawaban kekayaan di akhirat kelak berat, …” dan ini berulang-ulang kalau si Z minta restu dari orangtuanya. Singkat cerita, setelah diterapi dan diberikan sugesti belief yang benar, kemudian minta izin dari orangtuanya, akhirnya orangtuanya memahami. Alhamdulillah… usahanya dari bulan ke bulan mengalami peningkatan usahanya dan tidak terganggu walaupun jadi PNS dan si Z menjalankannya pun dengan semangat dan antusias. Sekarang dia sudah mempunyai beberapa karyawan.

Jadi banyak orang yang ingin berubah tapi sulit berubah kalau tidak tahu caranya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan mindset sangat sulit atau tidak mungkin dilakukan karena :
1.  Merasa tidak punya masalah
2.  Mau berubah, tetapi tidak tahu caranya
3.  Tidak mau berubah walau tahu caranya
4.  Takut perubahan akan membawa dampak negatif
5. Tidak tahu cara yang benar untuk bisa masuk ke pikiran bawah sadar
6.  Teknik terapi yang kurang tepat.

Kalau Anda pilih yang mana ? J …Mudah-mudahan Anda pilih nomor 1… Merasa tidak punya masalah dan sukses, amiiinnn…tapi kalau Anda ada permasalahan di atas, Ikuti terapi dan pelatihannya…, Anda dapat hubungi Lembaga Pelatihan Terpadu TAZKA.

Semoga Allah SWT memberikan rahmat, hidayah, dan petunjuk-Nya dalam menjalani kehidupan yang diridhoi Allah SWT.

Salam sukses selalu

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India