Manajemen Pikiran

A. Pengertian
Manajemen Pikiran adalah merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasikan, dan mengendalikan pikiran secara holistik (tubuh, pikiran, dan jiwa). Manajemen pikiran dapat dilakukan dengan dengan sugesti, visualisasi, tap (ketukan), dan rileksasi.
Agar Anda lebih memahami efektivitas manajemen pikiran, ada baiknya jika Anda memahami secara garis besar pikiran Anda. 


1.     Pikiran Bawah Sadar

    Adalah pikiran yang sangat dominan dan sering kali mengendalikan diri Anda. Pikiran bawah sadar memuat kebiasaan, dorongan perasaan, keyakinan, persepsi, dan memori permanen. Pikiran Bawah Sadar adalah tempat penyimpanan semua memori dan program-program pikiran Anda. Program apapun yang ada di pikiran bawah sadar Anda, akan selalu menjadi dasar bagi tindakan Anda.

2.     Pikiran Sadar

    Adalah bagian pikiran Anda yang selalu bersifat logis dan rasional. Dengan berpikir logis dan rasional, Anda bisa menciptakan kehendak atau keinginan untuk berubah. Namun ternyata kehendak saja tidak cukup untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik demi kebaikan dan kemajuan hidup Anda karena kehendak Pikiran Sadar selalu kalah apabila bertentangan dengan program yang tertanam di Pikiran Bawah Sadar.

Contoh : seorang perokok. Secara rasional dan logis, hampir semua perokok tahu bahwa rokok adalah kegiatan yang merugikan diri sendiri. Para perokok sebenarnya juga punya kehendak untuk berhenti merokok. Namun kehendak itu umumnya tidak pernah menang melawan kebiasaan merokok yang sudah menahun. Kebiasaan merokok merupakan sebuah program yang tertanam di pikiran bawah sadar. Inilah bukti nyata bahwa program yang tertanam di PIKIRAN BAWAH SADAR SELALU LEBIH KUAT EFEKNYA DARIPADA KEHENDAK PIKIRAN SADAR

B. Tujuan Manajemen Pikiran

          Tujuan manajemen Pikiran adalah mengelola atau menanamkan program di Pikiran Bawah Sadar supaya perubahan yang Anda alami berlangsung dari dalam diri Anda sendiri. Dengan mengubah program yang ada di Bawah Sadar Anda, maka Anda tidak perlu susah payah memaksa diri Anda untuk berubah. Manajemen pikiran merupakan sebuah metode yang bisa mengubah program di pusat kendali dalam diri Anda (pikiran bawah sadar) karena manajemen pikiran langsung mengatasi akar masalahnya, maka perubahan yang terjadi melalui manajemen pikiran adalah PERMANEN (Insya Allah).

          Manajemen pikiran bekerja sebagai alat untuk menghapus program-program negatif atau virus dalam pikiran Anda sekaligus memasang program-program positif yang akan membuat Anda lebih baik dari sebelumnya. Dengan terapi pikiran, Anda bisa menghilangkan segala hal buruk yang ingin Anda hilangkan dari pikiran, perasaan dan perilaku Anda. Dengan MANAJEMEN PIKIRAN, Anda juga bisa menanamkan PIKIRAN, PERASAAN DAN PERILAKU BARU YANG LEBIH BAIK UNTUK KEMAJUAN HIDUP ANDA.

          Jika Anda percaya hanya orang tertentu saja yang bisa memasuki kondisi rileksasi tubuh dan pikiran, maka Anda telah mempercayai konsep yang keliru. Sebenarnya semua orang normal, termasuk Anda, bisa memasuki kondisi rileksasi pikiran dan tubuh dengan mudah asalkan Anda bersedia mengikuti instruksi saya dengan senang hati dan tidak takut terhadap proses terapi pikiran. Satu-satunya penghambat dalam proses terapi pikiran adalah rasa takut yang disebabkan oleh kesalahpahaman terhadap terapi pikiran. Manajemen pikiran hanya cocok diterapkan kepada orang yang memenuhi kriteria berikut ini :

1. Dapat berkomunikasi 2 arah

2. Bersedia mengikuti manajemen pikiran atas keinginan sendiri

3. Mengikuti instruksi atau arahan dari terapis.

          Seseorang hanya bisa dilakukan manajemen pikiran apabila orang tersebut cukup cerdas dalam mengikuti instruksi. Manajemen pikiran tidak bisa diterapkan kepada ORANG GILA, IDIOT, ORANG TULI, ATAU ANAK KECIL YANG BELUM BISA BERKOMUNIKASI DENGAN LANCAR. Semakin cerdas seseorang semakin mudah memasuki kondisi rileksasi pikiran dan tubuh.

C. Mengenal Singkat Teknik Manajemen Pikiran

          Manajemen Pikiran Mempunyai banyak teknik. Secara singkat, teknik manajemen pikiran adalah sebagai berikut :

1.     Brain and Eye Gym

   Merupakan senam otak dan mata, berdasarkan penelitian dapat membantu fokus dan menyeimbangkan otak kiri dan kanan.


2.     Deep Throat

    Pada kondisi biasa, kita bernafas secara otomatis tanpa mengendalikannya. Dalam hal ini, kita mengendalikan tarikan dan menghembuskan nafas. Dan dapat dipercaya untuk menurunkan gelombang otak/mengendalikan diri.

3.     Emotional Freedom Technique

    adalah serangkaian metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh, untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik. EFT bekerja berdasarkan prinsip emosi negatif yang dialami oleh individu umumnya diawali dengan representasi internal yang buruk. Kondisi ini berlanjut oleh gangguan pada sistem energi tubuh. EFT sangat efektif untuk merestorasi sistem energi tubuh.


4.     Hypnotheraphy

    Salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari manfaat sugesti untuk mengatasi masalah pikiran, perasaan dan perilaku. Jika Anda mengikuti hipnoterapi, Anda akan dibimbing memasuki kondisi relaksasi pikiran. Dalam kondisi tersebut, pikiran bawah sadar Anda akan diberi sugesti-sugesti positif untuk penyembuhan suatu gangguan psikologis atau untuk mengubah pikiran, perasaan, dan memperbaiki perilaku menjadi lebih baik.

5.     Imajinasi / Visualisasi

    Merupakan daya pikir untuk membayangkan atau menggambarkan kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang.


6.     Neuro Linguistic Programming

    adalah model komunikasi interpersonal dan merupakan pendekatan alternatif terhadap psikoterapi yang didasarkan kepada pembelajaran subyektif mengenai bahasa, komunikasi, dan perubahan personal.

7.     Sound Rilexation Theraphy

    Terapi rileksasi musik adalah salah satu terapi pikiran untuk menurunkan gelombang otak dari beta ke alfa, theta, dan delta.


8.     Self  Dialog Sugestion

    Self-dialog Sugestion adalah salah satu bentuk metode terapi total holistik dimana permasalahan diri dilakukan dengan dialog /hati nurani untuk menyelesaikan masalah atau curhat kepada dirinya sendiri. Berdasarkan penelitian, kekuatan hati mempunyai kekuatan 5000 x lipat dari pikiran.

D. Manfaat

          Manfaat manajemen pikiran sangat banyak. Hampir semua masalah atau penyakit yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan perilaku bisa dibantu dengan manajemen pikiran. 


E. Beberapa Kasus yang Bisa Dibantu :

          Manajemen pikiran tidak hanya untuk orang yang punya masalah, orang normal dan sehat pun banyak dapat mengikuti untuk memaksimalkan kemampuannya dalam segala bidang kehidupan. Di bawah ini adalah beberapa masalah yang biasa ditangani dengan manajemen pikiran : fobia, stress, depresi, mengendalikan rasa marah yang mudah meluap, menyembuhkan sakit hati, trauma, merasa cemas,  sakit maag karena banyak pikiran, stress, insomnia, menghilangkan sakit kepala dan migren yang sering kambuh, menghilangkan nyeri menstruasi yang berlebihan, kecanduan (narkoba, merokok, minuman keras dll) dan semua penyakit yang berhubungan dengan pikiran Insya Allah dapat disembuhkan dengan manajemen pikiran.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India